Tuesday 24 November 2009

Akhiri mobil BBM-fosil, biang polusi, kartel rakus penguras devisa negara(3)


Cina dan Amerika sepakat mengembangkan mobil listrik

Sumber dari Examiner Online
November, 17th 2009

Dalam kunjungan kenegaraan ke Cina, Presiden Barack Obama mengumumkan bahwa ia dan Presiden Cina Hu Jintao telah sepakat membentuk kesepakatan kerja-sama AS - Cina untuk mempromosikan pembuatan kendaraan listrik di kedua negara. Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Sekretaris Pers Gedung Putih , kesepakatan akan terdiri dari empat komponen:


  1. Pengembangan Standarisasi bersama untuk memastikan bahwa mobil listrik yang diproduksi di masing-masing negara akan kompatibel dengan standar-standar di negara lain.
  2. Demonstrasi bersama di selusin kota di setiap negara untuk mengumpulkan data memperkenalkan kepada masyarakat gagasan kendaraan listrik.
  3. Road Map kerja sama teknis untuk mengidentifikasi kebutuhan R & D serta masalah yang berkaitan dengan pembuatan, pengenalan dan penggunaan kendaraan listrik.
  4. Program yang mengajak kesadaran dan keterlibatan masyarakat untuk mengembangkan dan menyebarluaskan bahan-bahan untuk meningkatkan pemahaman publik tentang teknologi kendaraan listrik.
Kedua negara akan menjadi tuan rumah tahunan Forum Kendaraan listrik untuk menyebar-luaskan informasi tentang penelitian kendaraan listrik dan pengembangan kepada publik.

Administrasi Obama lebih lanjut mengumumkan bahwa American Recovery & Reinvestment Act telah memperluas $ 7.500 kredit pajak untuk mobil listrik dan akan menyumbang $ 2,4 miliar untuk mempromosikan manufaktur baterai.

Sementara semua fihak diharapkan memberi dorongan, tetapi juga harus disampaikan kebenaran tentang mobil listrik sebenarnya khususnya teknologi baterai saat ini yang masih tertinggal dibandingkan klaim yang dibuat produsen mobil listrik.

Baterai terlalu berat, terlalu besar, terlalu lama untuk mengisi ulang, suatu masalah serius bagi lingkungan untuk memproduksi dan membuangnya . Belum lagi masalah penempatan titik-titik listrik pengisian baterai. Jika dari pembangkit listrik batubara , maka manfaat yang dijanjikan dari mobil listrik hanyalah ilusi.

Meskipun demikian, layaknya dengan kebanyakan program pemerintah yang baru saja ditetapkan, seperti mengubah arah tujuan sebuah kapal tanker dengan dengan dayung. Tetapi era mobil listrik telah datang, betapapun masyarakat menginginkannya atau tidak. (Dikutip dari Examiner)