Wednesday 25 January 2012

Nuklir dan misteri ketamakan manusia

Di awal-awal tahun 2012 ini, kelihatan suatu pergerakan mesin manajemen perang Amerika akan memulai suatu scenario perang dengan Iran, suatu scenario perang yang kira-kira sama dengan kejadian Perang Dunia ke-1, ke-2, Perang Nuklir Dingin. Sebenarnya dasar motivasinya sama, yakni suatu misteri ketamakan manusia. Kenapa saya katakan misteri ketamakan manusia? Karena ketamakan manusia itu akan selalu dibawa dari awal peradaban manusia 10,000 tahun yang silam sampai akhir peradaban di Bumi ini.

Saya berani menyimpulkan bahwa ketamakan yang paling berbahaya itu ketamakan imperialism Barat, karena 2 benua yakni Amerika dan Australia itu adalah hasil peradaban kolonialisme dan imperialism Barat antara abad ke 18 sampai saat abad millennium ke-21 ini. Jika saat ini potensi China yang akan memenangkan pertarungan perdagangan dunia, maka tentu Amerika dan konconya tidak akan tinggal diam menunggu kerajaan kapitalisme dunianya runtuh.

Misteri ketamakan manusia?? Marilah kita ingat dari yang paling terakhir kejadian di Libya, Moammar Khadaffy, di Mesir Hosni Mubarak, dan mungkin di dalam negeri kita sendiri adalah Soeharto. Secara logika harta-harta mereka sangat tidak terbatas, tetapi kenapa manusia cenderung akan memeluk emas ketamakan sampai di akhir lonceng kematiannya.

Tidak banyak yang tahu bahwa nuklir yang dimiliki oleh Amerika dan Russia itu mempunyai potensi memusnahkan peradaban dalam sekejap. Jadi tidak ada bedanya emas, nuklir, dan uang, itulah rahasia misteri ketamakan manusia yang tidak akan pernah dapat diselesaikan oleh kemanusiaan itu sendiri. Jika Khadaffy terus memeluk emas ketamakannya sampai akhir derita kematiannya yang mengerikan itu, maka dapat dibayangkan kalau Amerika akan terus memeluk nuklir ketamakannya itu dan terus mereka akan mengancam Negara Negara yang tidak patuh akan hegemoninya.

Mungkin beberapa saat lagi Amerika dan konconya akan menyerbu Iran dengan dalih apapun. Sulit dipastikan akhir dari petualangan namanya misteri ketamakan manusia. Seperti saat ini di Indonesia akhir bulan January 2012 ini, semuanya geram dan marah melihat wajah Afriyani yang pecandu narkoba dan miras, tetapi tidak mau mengakuinya, tetapi realitasnya dia telah membantai 9 orang tidak bersalah dengan tidak bergeming dengan mobil pinjamanya itu.

Jadi memang misteri ketamakan manusia bukanlah hanya epos-epos cerita individu manusia, tetapi misteri ketamakan itu mulai dari ketamakan suatu kelompok, perusahaan, konglomerat, bangsa, negara-negara, dan peradaban manusia itu sendiri.

Jadi apa solusinya untuk mengatasi ketamakan manusia?? Kalau menurut saya, itulah sebabnya para agamawan telah lama berpesan, bahwa hidup manusia itu singkat. Ini sangat jelas. Tetapi banyak yang tidak percaya bahwa peradaban manusia itu juga sangat singkat. Saat ini peradaban manusia belumlah mencapai 10,000 tahun padahal usia alam semesta sudah mencapai 13.7 milyar tahun.