Thursday 18 August 2011

Misteri Manusia (4)

Dari konstanta Hubble, ilmuwan dapat memperkirakan usia alam semesta 13.7 milyar tahun. Apa artinya pengukuran ini? Seolah-olah manusia itu ditugaskan secara riil untuk mendefinisikan batas-batas ruang waktu. Heran koq mau ya ? Sebenarnya intuisi fikiran manusia itu penuh misteri, terutama jika manusia menjadi sang pengamat ruang waktu. Dari mulai yang sederhana saja, bahwa seorang manusia sadar akan kepastian datang kematiaannya dalam batas-batas usia misalnya 70 tahun, kemudian misteri hari kiamat yang menjadi referensi kemanusiaan yang baru berlangsung 10,000 tahun ini.

Dengan adanya akselerasi ekspansi alam semesta, seolah-olah seluruh galaksi bintang-bintang sedang dihisap atau barangkali ditarik dahsyat menuju ke suatu dimensi tak diketahui, nah ilmuwan Barat panik apakah ini menuju katastrofi sehingga alam semesta itu seolah-olah pecah terbelah atau hancur berantakan. Istilah hancur berantakan, janganlah disamakan dengan bumi hancur berantakan karena gempa bumi, tsunami, atau gunung meletus. Akan tetapi istilah hancur berantakan disini artinya semua materi atom (proton, netrom, electron dll) itu pecah kongsi berantakan termasuk tubuh kita ini, dan semua materi itu kembali ke asalnya yang kita belum mengetahuinya. Semua gaya-gaya gravitasi, elektromagnetika, gaya kuat, dan gaya lemah alam semesta menjadi hilang dan kembali ke nihilitas awal.

Ilmuwan berhipotesa bahwa jika ada materi tentu ada anti-materi, itulah percobaan yang sedang berlangsung di LHC CERN di perbatasan Perancis dan Swiss Eropa. Begitulah fikiran manusia, jika ada awal tentu ada akhir, jika ada materi tentu manusia akan berfikir keras bagaimana caranya menciptakan materi dari ketiadaan, sampe-sampe materi hipotetik untuk membentuk materi dinamakan partikel Tuhan ( partikel Boson Higgs ). Begitu tuh ilmuwan Barat ambisi banget mencoba menguak tabir alam semesta. Lha kalau di Indonesia saja menguak tabir misteri korupsi raksasa seperti pajak dan perbankan, wah susahnya minta ampun, malah KPK mau segera diusulkan segera dibubarkan. Pokoknya bangsa ini bisanya sebatas urusan materi uang korupsi dan rekening perut gendut.